Kamis, 28 Januari 2016

Tutorial Trik Android: Tips dan Trik WhatsApp di Android Terbaru Lengkap

WhatsApp logo

Info Gadget Terbaru -  WhatsApp sekarang ini sudah menjadi aplikasi sosial messenger pilihan utama disetiap platform. Berbagai keunggulan WhatsApp mampu memberikan layanan kirim pesan tulisan dan multimedia secara langsung melalui lintas data internet. Selama menggunakan aplikasi ini, sangat jarang penulis mengalami pesan dengan logo jam pasir. Tidak Pernah! Ya jelas saja, ikon pesan dengan status jam pasir merupakan status pesan mengalami pending di aplikasi messenger sebelah. Tentunya Oprekers sudah tahu aplikasi yang dimaksud. hehehehe.

Maksud penulis disini pesan yang dikirim dengan WhatsApp jarang mengalami gangguan karena masalah server WhatsApp. Pending karena kouta sudah habis lain soal loh ya. Dan dibandingkan dengan aplikasi messenger lainnya, WhatsApp tanpa iklan, tanpa adanya notifikasi permainan, serta sudah tidak perlu lagi mengungduh beberapa sticker untuk keperluan chatting. Dan yang terakhir tanpa harus bayar walau ada pembayaran aplikasi untuk masa penggunaan. Nyatanya tanpa harus bayar, masa penggunaan otomatis diperpanjang.

Nah, dengan berbagai kelebihan tersebut tentunya sekarang ini WhatsApp sudah menjadikan sebagai aplikasi utama untuk mengirim pesan ke teman, keluarga, gebetan atau mantan. Nyatanya banyak fitur dan kelebihan seputar aplikasi ini yang dijadikan bahan untuk tips dan trik WhatsApp. Apa saja itu? Berikut ulasannya:
  1. Memulihkan Pesan Yang Hilang.
    Setiap harinya WhatsApp akan menyimpan percakapan pesan di perangkat Oprekers. History WhatsApp otomatis disimpan pada jam 02:00 setiap harinya. Pesan ini tersimpan di internal memori yang berada di direktori WhatsApp > database. Sehingga, sewaktu-waktu pesan WhatsApp terhapus karena error atau tidak sengaja menghapusnya bisa dikembalikan. Cara mengembalikannya dengan ke Settings > App > Pilih WhatsApp lalu pilih clear data. Buka kembali aplikasi WhatsApp > lalu masukkan nomor telepon WhatsApp yang digunakan > Aplikasi WhatsApp akan memberitahukan terdapat history pesan > Terakhir pilih Restore.
  2. Block pengguna WhatsApp yang mengganggu.
    Banyaknya pengguna, tentu WhatsApp dijadikan ajang untuk promosi. Sistem cukup mengetahui nomor telepon maka pengguna lain bisa mengirimkan pesan. Jika terdapat pesan baru dari nomor kontak yang tidak dikenal, aplikasi WhatsApp bisa memblock pengguna tersebut. Atau Oprekers bisa melaporkan pengguna tersebut jika memang pesan yang dikirim bersifat negatif. Fitur Block di WhatsApp bukan hanya untuk nomor yang tidak dikenal, nomor yang terdapat dikontak juga bisa. Sementara bagaimana mengetahui bahwa Oprekers sedang diblock di WhatsApp? Berikut ini ciri-cirinya:
    1. Cek last seen-nya. Jika tidak ditampilkan, kemungkinan Oprekers sudah diblock. Kemungkinan lainnya nama Oprekers dihapus dari kontak lalu pengguna tersebut mengatur last seen nya hanya untuk beberapa teman atau dimatikan.
    2. Kirim pesan. Jika double cek berwarna abu-abu atau berwarna biru tandanya Oprekers tidak diblock. Sementara kalau tanda pesan tersebut hanya satu centang, ada kemungkinan sudah diblock.
    3. Coba WhatsApp Call pengguna tersebut. Jika tidak bisa dihubungi, ada kemungkinan sudah diblock.
  3. Kirim Pesan Pribadi ke banyak Pengguna
    Fitur broadcast tidak hanya ada di aplikasi BBM. Aplikasi WhatsApp juga bisa melakukan hal ini. Caranya tap pada logo tiga titik yang berada dipojok kanan atas > pilih New Broadcast > Pilih kontak yang akan dikirimkan pesan > terakhir klik “CREATE” dipojok kanan atas.
  4. Sembunyikan Gambar dari WhatsApp di Gallery
    Untuk menyembunyikan gambar yang sudah diunduh di WhatsApp agar tidak ditampilkan di gallery caranya cukup mudah, hanya denga file eksplorer di Android seperti (root explorer, solid explorer, dll). Oprekers cukup direktori WhatsApp >  Media > WhatsApp Image. Di direktori WhatsApp image buat folder baru dengan nama “.nomedia“. Tentu tanpa tanda petik, lalu reboot perangkat Oprekers.
  5. Buat jalur pintas percakapan favorit di Home Screen.
    Oprekers punya gebetan dan sering ngingetin makan setiap sejam sekali melalui aplikasi WhatsApp? Agar lebih mudah ngingetinnya buat widget di Home Screen agar memberikan kemudahan akses. Caranya klik percakapan kontak/grup WhatsApp yang ingin dijadikan shortcut > klik logo titik tiga dipojok kanan atas > more > add shortcut.
  6. Bisukan (mute) percakapan grup.Grup dengan jumlah pengguna yang banyak tentu akan banyak obrolan disana. Jika merasa terganggu, tidak perlu kesal atau bahkan left grup. Jangan baper-an. Karena untuk grup percakapan bisa di mute. Langkahnya juga mudah, klik grup yang ingin dibisukan > Klik tiga titik dipojok kanan > pilih mute > terakhir pilih waktunya mulai dari 8 jam hingga 1 tahun.
  7. Backup Pesan WhatsApp melalui Google Drive.
    Fitur ini akhirnya hadir secara resmi di WhatsApp yang berada di Google Play Store Android. Sebelumnya, WhatsApp melakukan uji coba pada aplikasi tahap beta. Untuk melakukan backup Chat WhatsApp caranya ada di setting whatsapp > Chat and Calls > pilih chat backup > pilih Back up to Google Drive > lalu pilih akun Google untuk melakukan backup chat.
  8. Atur Privasi WhatsApp.
    Privasi sangat diperlukan. Saat ini WhatsApp bisa mengatur privasi untuk terakhir dilihat, foto profile, status, kontak yang di blok dan laporan pesan yang sudah dibaca. Sesuaikan dengan pilihan privasi yang Oprekers inginkan.
  9. Atur unduhan media WhatsApp.
    Atur di settings WhatsApp untuk media-auto download. Dipengaturan ini terdapat pada Chats and Calls. Untuk menghemat kouta data internet pilih when using mobile data = no media. Ketika terkoneksi internet pilih semua media (gambar, suara dan video). Pilihan no media pada terkoneksi mobile data merupakan pilihan tepat, karena Oprekers juga masih bisa mengunduh gambar tersebut secara manual. Jadi tidak perlu khawatir.
  10. Hemat mobile data internet saat melakukan WhatsApp Call.
    Masih pada pengaturan Chats and Call, centang pada low data usage agar kouta tidak boros saat melakukan panggilan WhatsApp Call. Meski suara yang dihasilkan tidak telalu jernih tapi masih bisa didengar secara jelas.
Menggemari Android sejak lima tahun yang lalu. Sudah memiliki pengalaman disejumlah kegiatan mengenai Android, gadget dan komputer. Senang akan yang namanya sharing dan berbagi. Motto hidupnya jadikan setiap orang adalah guru bagi kamu dan jadikan setiap tempat adalah sekolah untuk mu.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar